1.2.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2


Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

Nilai kolaboratif sangat berpengaruh dalam cara saya melayani murid-murid dengan lebih baik. Kolaborasi membuka kesempatan bagi saya untuk bekerja sama dengan rekan guru, staf sekolah, dan bahkan orang tua murid. Dengan berkolaborasi, saya belajar bagaimana menggabungkan ide-ide dan kekuatan bersama untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih kaya dan relevan bagi murid-murid kami.
Kolaborasi juga memungkinkan kami untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan individu setiap murid. Melalui kerja tim, saya juga meningkatkan keterampilan komunikasi dan belajar menghargai beragam pendapat.

Sebagai contoh, dalam beberapa proyek kolaboratif dengan guru dari bidang lain, kami berhasil mengintegrasikan berbagai materi pelajaran sehingga murid bisa melihat hubungan antar konsep yang dipelajari. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tetapi juga memotivasi mereka untuk belajar lebih dalam.
Dengan menerapkan nilai kolaboratif ini, saya yakin telah memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan mendukung perkembangan menyeluruh setiap murid.

Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

10 kegiatan di sekolah yang dapat dianggap sebagai contoh penerapan dari peran Guru Penggerak (GP) yang mencakup pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menjadi coach bagi rekan guru:
  1. Mengembangkan dan Menyebarkan Materi Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan bahan pembelajaran inovatif, seperti modul atau sumber daya digital, dan membagikannya dengan rekan guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran
  2. Mengadakan Kegiatan Solat Dhuha Bersama Guru dan Murid: Mendorong kebersamaan dan spiritualitas di antara anggota sekolah.
  3. Penerapan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun): Membangun budaya sopan santun dan kerjasama di lingkungan sekolah.
  4. Kegiatan Upacara Bendera: Mengajarkan nilai-nilai patriotisme dan tanggung jawab sebagai warga negara.
  5. Kegiatan Kepramukaan Setiap Hari Sabtu: Mendorong karakter, kemandirian, dan kerjasama melalui kegiatan pramuka.
  6. Kegiatan Sabtu Bersih: Melalui kegiatan ini, murid belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat.
  7. Mengajarkan Kreativitas dan Inovasi: Contohnya, mengadakan lomba karya tulis, seni, atau teknologi.
  8. Mengorganisir Pelatihan Guru: Membantu rekan guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.
  9. Mengadakan Diskusi Kelompok: Memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran ide di antara guru.
  10. Menjemput Murid di Pagi Hari: Menjemput murid di pagi hari memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung dengan mereka. Ini membantu memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan


Posting Komentar untuk "1.2.f.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2"